Unlimited Hope untuk Pejuang Malam!

Waktu menunjukkan pukul 00.50. Seorang pengemudi ojek online, sebut saja Mr. Ojol, mulai bersiap untuk mengais rejeki, ketika sebagian warga Ibukota sedang terlelap dan bermimpi. 

Mr. Ojol, mengendarai sebuah motor matic keluaran lawas, dari pabrikan yang merajai penjualan sepeda motor di Indonesia. Meniti jalan raya Ibukota yg lowong, apalagi di saat pandemi ini.

Keseharian Mr. Ojol, selain sebagai pengemudi ojek online, ia menjadi petugas kebersihan di RT tempat ia tinggal. Pekerjaan tersebut sudah ia jalani sejak di PHK dari tempatnya bekerja, karena perusahaannya bangkrut. Ia memiliki seorang istri dan dua orang putra, sehingga ia harus mencari nafkah pengganti. Dan ketika salah satu perusahan ojek online membuka pendaftaran mitra pengemudi baru, ia langsung mengajukan diri dan segera diterima, karena semua persyaratannya terpenuhi.

Namun, ketika PSBB mulai ditetapkan oleh Pemerintah, Mr. Ojol mengalami dampak yang cukup signifikan, penghasilan sebagai mitra ojek online mulai menurun. Sehingga ia pun mencari strategi dengan mulai menjalani profesi ojek online pada waktu dini hari hingga fajar mulai menyingsing. Ia mengutamakan pembelian atau pemesanan makanan. Karena pada waktu tersebut, banyak juga yang melakukan pemesanan makanan melalui aplikasi ojek online daripada mengantar orang atau pun barang. 

Hingga tahun berganti, memasuki tahun 2021, dimana pandemi Covid-19 masih belum terlihat tanda-tanda berakhir. Sehingga, Mr. Ojol tetap melakukan aktifitasnya dengan menjadi pejuang malam. Ketika saya tanyakan alasan lainnya kenapa ia memilih waktu dini hari hingga subuh adalah koneksi internet yang lebih lancar dari saat siang hari. Saya pun menyetujui pendapatnya. Karena saya mengalami hal yang kurang lebih sama.

Lalu, pada tanggal 07 Januari 2021, yang lalu, Smartfren melakukan Press Release bertajuk Unlimited Relaunch , untuk mengenalkan produk Smartfren yang di perbarui kembali yaitu Smartfren Unlimited dengan Extra Unlimited Malam


  Starter Pack Smartfen Unlimited - model: Wahyu - Leader Smartfren Community Yogyakarta 


Kabar gembira ini, membuat saya tergerak untuk menawarkan ke Mr. Ojol, namun sebelum itu, saya harus mencobanya terlebih dahulu, sekaligus melakukan pembuktian secara nyata. Sehingga, saya langsung mengatur waktu dan segera mempersiapkan alat uji yang diperlukan.

Sabtu dini hari, sesaat pergantian waktu dari jam 00.59 wib ke jam 01.00 wib, saya lakukan ujicoba dengan hasil seperti urutan gambar berikut ini :












Saya melakukannya  hingga jam 04.00 wib, karena data yg saya perlukan sudah mencukupi. Dari hasil ujicoba tersebut, ada beberapa anomali pada situs tertentu. Namun itu tergantung algoritma pengukuran saja.

Lalu Pada hari Sabtu minggu depannya, saya ajak rekan satu Komunitas,  Smartfren Community Jakarta untuk begadangan, melakukan kegiatan yg sama yaitu ujicoba koneksi dan kecepatan bertema #ExtraUnlimitedMalam sehingga #MalamJadiExtra. 

Acara itu saya bungkus dengan nama Kopdar Dini Hari Smartfren Comunity Jakarta. Dari 6 peserta yang daftar, hanya 4 orang saja yg hadir pada saat itu, Nur Annisa, Melky Heriyanto dan Pak Teguh Mardiono, termasuk seorang bintang tamu dari Smartfren Community Bandung, Kang Wen Winarno

Meskipun acara dimulai pada jam 01.00, tetapi ujicoba berjalan lewat dari jam tersebut. Karena keasyikan ngobrol tentang Smartfren dan program terbarunya ini. Selain itu juga ada beberapa diskusi mengenai tips dan trik untuk menghidupkan komunitas regional, dimana salah satunya adalah mengadakan Live IG dengan tema bebas yang ada di sekitaran Jakarta. 

Peserta Kopdar Dini Hari Smartfren Community Jakarta

Beberapa hasil pengujian dari rekan - rekan saya berikut ini :








Hasil Speed Test melalui HP dan PC


Berbekal data tersebut, saya kembali teringat oleh Mr. Ojol, dan bermaksud untuk mengajaknya menggunakan Smartfren dan mencoba sendiri Unlimited Malam yg Full Speed. Namun saya belum berkesempatan untuk bertemu karena ia ternyata kembali ke kampung halamannya dan tidak tahu kapan kembali ke Jakarta.

Suatu malam, saya diingatkan oleh rekan saya tentang program WOWLabs dari Smartfren (bisa dibaca ulasannya pada tautan ini). Dan juga malamnya akan ada bincang khusus dengan pendiri Show The Monster, salah satu Kreator yang bergabung didalam WOWLabs tersebut bersama Smartfren Community secara Live di Instagram Smartfren Community.

Ia bernama Evan Aditya. Seorang yg memiliki visi untuk me-monster-kan semua hal. Seperti karakter monster favoritnya yaitu Topeng Kosong. 

Evan Aditya dengan karakter Monster Topeng Kosong

Sekilas mengenai Show The Monster, pada awalnya ketertarikan seorang Evan di dunia desain itu karena seringnya membaca buku-buku desain Grafis milik kakaknya yang sedang kuliah. Lalu mengawali goresannya, ia membuat tagar ShowTheMonster, dan membuat karakter monster yg sesuai dengan pengguna yg turut menuliskan tagar tersebut. 

Karena sudah semakin banyak, akhirnya pada tahun 2017, dibentuklah sebuah wadah dengan nama yang sama Show The Monster. Berbagai karakter monster sudah dihasilkan dan di wujudkan dalam berbagai media, seperti kaos kaki, kemeja, T-Shirt, Topi, dan masker.


Saat live IG kolaborasi Show The Monster dengan Smartfren Community

Pada perbincangan tersebut, ada beberapa pesan dari Evan Aditya, terutama yang berkaitan dengan dunia kreator dan Show The Monster itu sendiri.

Kenapa monster? Sebuah pertanyaan yg sering muncul ketika membuat sebuah karakter grafis. "Karena tidak pernah ada yang menanyakan kenapa bentuknya seperti itu." jawab Evan dengan tersenyum.

Karena itu, karakter monster bisa mirip apapun sesuai keinginan kita sendiri. Seperti karakter monster favorit Evan Aditya yaitu Topeng Kosong, sekilas mirip dengan kelinci hitam.

Kemudian,lanjut Evan, "semua orang memiliki style / gaya masing-masing. Namun yang sulit adalah mempertahnkan style/gaya-nya itu. Kadang tergoda untuk mencoba style dari panutan atau tokoh atau idola. Sehingga ketika kembali menerapkan style awal, menjadi lebih sulit."

"Untuk menghasilkan sebuah karya, yang penting dan utama adalah ide dan konsep! Mewujudkannya adalah hal yg mudah. Caranya untuk setiap orang berbeda, tetapi sering berhenti di tengah dan selesai. Yang utama adalah tekad, harapan dan terus melangkah! " sambungnya.

Mengenai pernyataan dan saran bagi pemirsa LIVE IG tersebut, Evan menerapkan sebuah moto "Unlimited Hope" yaitu jangan pernah berhenti berharap, terus mecoba, dan teruslah melangkah.

Unlimited, tanpa batas, seperti sebuah harapan di tahun 2021. Tetap berharap agar situasi dan kondisi semakin membaik. Terus mencoba dan tetap melangkah. Apapun tantangannya. Bersama Smartfren, mewujudkan harapan dengan memberikan sebuah benefit yaitu Unlimited Malam yang Full Speed, dimulai pada jam 01.00 hingga jam 05.00 setiap hari, selama masa aktif paket. Benefit tersebut hanya untuk pelanggan yg membeli paket Unlimited dan Kuota NonStop.

Dan proses perubahan dari paket reguler ke Unlimited Malam itu berlangsung secara otomatis. Ditandai dengan berhentinya layanan kurang lebih 30 detik hingga 1 menit saat pergantian jam dari 00.59 ke 01.00.

Karena #MalamJadiExtra sehingga #UnlimitedBisaSemua.

Terima kasih telah menikmati tulisan saya, semoga mendapatkan manfaat dari tulisan tersebut.

Tetap menjaga protokol kesehatan yang dianjurkan, semoga kita semua selalu sehat dan tetap berkarya.




@ignatiuseddym



Untuk yang ingin mengetahui tentang Paket terbaru dari Smartfren silahkan berkunjung ke situs: https://www.smartfren.com/id/shop/package/prepaid

 
Dan bergabung di Smartfren Community sebagai media penghubung antar pengguna produk Smartfren di akun berikut ini :

IG Nasional : @smartfrencommunity 
IG Regional : @sfcomjakarta

Twitter : @sf_community_
FB : Smartfren Community

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Share The Moment Share The Happiness”

Apa yang Anti Putus Nyambung Terus?

Kokreasi Smartfren bersama UN1TY dan Dari Jendela SMP