Wow !

Kata yang menunjukkan sebuah kekaguman yang tak mampu dijabarkan. Atau sebuah ungkapan takjub dari sebuah peristiwa. Bahkan bisa juga dirangkai menjadi sebuah kata penyemangat bagi sebuah aksi atau pose foto. Menurut KBBI kata tersebut berarti kata seru yang menyatakan keterkejutan dan kegembiraan. (info)

Banyak hal yang membuat mulut kita mengucapkan  kata itu. Dan akhir-akhir ini, kita juga sering bergumam dengan kata itu. Selanjutnya, apakah kata itu sebuah keistimewaan dari kata-kata lainnya? Seperti kata "santuy" atau "ML" atau "anjir"?

Tulisan saya kali ini, merujuk dari judul diatas. Dimana kita mulai sebuah perjalanan dengan sepemahaman bahwa kata itu benar lebih istimewa kali ini. 

Mari kita ingat-ingat, sejak kapan kata itu mulai bertebaran di media sosial, di media nasional, bahkan di media internasional? Saya mulai merasakan kening pembaca mulai berkerut, karena berpikir keras untuk menjawab pertanyaan tersebut.



Dan saya akan semakin mengerutkan lagi dahi setiap pembaca, bahwa fakta yang mengejutkan dari kata ini ternyata sudah digunakan sejak tahun 1513 (menurut catatan Merriam-Webster) , yaitu berupa sebuah ungkapan kegembiraan atau kejutan dari orang Skotlandia, .

Baiklah, kita lanjutkan! 
Di Indonesia, kata tersebut memiliki posisi yang khusus, karena tidak memerlukan pendamping atau penyerta. Tidak bisa diberikan imbuhan, seperti awalan, akhiran, sisipan atau awalan-akhiran. Sehingga dapat di taruh di posisi manapun dalam sebuah kalimat. 

Karena memang agak rancu ketika diberikan imbuhan, contoh : 
a. ke-an menjadi kewowan. 
b. pe menjadi pewow. 
c. (silahkan dilanjutkan sesuai imajinasi pembaca).

Selain itu, jika diucapkan ataupun dituliskan berulang kali, bisa menjadi yel-yel dan trending. Seperti kuis yang ada di media sosial sebuah operator seluler nasional. Dimana pada tahun 2019 lalu juga sudah mengadakan konser dengan menggunakan kata tersebut. Atau pada sebuah iklan di sebuah halaman web. Dimana kata tersebut sangat mencolok dan menjadi pusat perhatian.

Berangkat dari sebuah operator seluler 4G yang tahun 2019 lalu sukses mengadakan konser dengan kata tersebut, pada akhir tahun ini, operator tersebut kembali menggunakan kata itu sebagai "magic word" atau "kata ajaib" untuk sebuah program unggulan di tahun 2021 nanti.

Benar sekali, saya mejawab tebakan dari para pembaca tentang operator yang dimaksud yaitu Smartfren.

Diawal bulan Desember 2020, Smartfren meluncurkan sebuah program yang akan memberikan peluang bagi para kreator lokal Indonesia. Program ini merupakan lanjutan dari pilot project sebelumnya, dimana Smartfren menggandeng  Ahha Official Store dan desainer Addy debil untuk memproduksi masker dan kaos limited edition. Dimana sebagian hasil penjualannya disumbangkan melalui Benih Baik kepada masyarakat yang membutuhkan.


contoh masker

Dan untuk program kali ini, Smartfren menamakannya WOWLabs. Sebuah wadah kokreasi untuk mengumpulkan generasi konten di Indonesia. Nantinya, melalui wadah ini, Smartfren ingin memberikan dukungannya agar generasi muda di Indonesia dapat selalu berkreasi tanpa batas, mewujudkan ide-ide dan karya mereka, sehingga mereka dapat merubah wajah Indonesia. 
Melalui WOWLabs kali ini, Smartfen menggandeng kreator dan brand lokal, yaitu Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops dan Ahha Official Store untuk bersama-sama membuka berbagai peluang berkreasi dan berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik. 


Bentuk awal dari kokreasi tersebut, telah melahirkan produk limited edition, berupa sepatu buatan Pijak Bumi dan kaus kaki buatan Stayhoops. Lalu kedua produk tersebut didesain oleh Addy Debil.


Contoh Produk dari Pijak Bumi dan Stayhoops bersama Smartfren

Dan untuk hasil penjualannya, sebagian akan digunakan untk memperkuat pembangunan berbasis komunitas di seluruh wilayah operasional Smartfen. Sebagai contoh adalah dengan menyalurkan komputer dan sarana pendukung kegiatan ekonomi kreatif serta pendidikan melalui Rumah Kreatif Smartfren Community yang saat ini sudah ada 11 buah. Tersebar di Natuna, Tangerang, Cilegon, Bojonegoro, Surabaya dan Cilacap.

Bp. Roberto Saputra

Berikut kutipan Bapak Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren tentang program ini :
"Lewat WOWLabs, kami ingin mewujudkan semangat kokreasi untuk bersama-sama mengembangkan satu wadah yang berkontribusi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Kami akan mulai dari membuat produk khusus yang hasil penjualan seluruhnya didedikasikan untuk memberikan akses internet pada sekolah dan siapapun yang membutuhkan. Harapannya, semangat kokreasi ini lebih dari sekadar menginspirasi, tapi juga turut membuka peluang berusaha serta mengembangkan diri untuk banyak orang. Smartfren WOWLabs merupakan sebuah kanvas kokreasi dari, oleh dan untuk kita semua."

Kreator WOWLabs

Kemudian saya akan memberikan penggambaran singkat dari setiap kreator yang menjalin kerjasama melalui WOWLabs ini.

Pertama, Hana Madness, bernama lengkap Hana Alfikih, membuat karyanya dengan inspirasi dari pergulatan pribadinya dengan kesehatan mental. 

Kedua, Show the Monster,  dipimpin oleh Evan Aditya, mereka membuat karakter yang berbentuk macam-macam monster.
Keduanya berfokus pada pengelolaan IP (Intellectual Property) berupa desain karakter.

Ketiga, Ahha Official Store, milik kreator konten Atta Halilintar, pembaca pasti sudah sangat mengenal sosok tersebut. Produk yang dihasilkan melalui toko miliknya antara lain outer dan t-shirt yang anak muda bangets.

Keempat, Stayhoops, brand lokal yang memproduksi kaus kaki dan masker.

Kelima, Addy Debbil, seniman grafis ini selalin karyanya, sudah saya ulas di atas, hasil karya lainnya dapat disaksikan pada saat Smartfren mengadakan WOW Virtual Concert 2020 lalu.

Akhir tulisan, semoga program WOWLabs ini dapat menjadi inkubator bagi lahirnya produk-produk kreatif  dari kreator-kreator lokal yang dapat memajukan masyarakat Indonesia. Sekaligus juga dapat mewujudkan slogan :  

Sinergi Membangun Bangsa 

 

@ignatiuseddym



Untuk yang ingin mengetahui tentang Paket terbaru dari Smartfren silahkan berkunjung ke situs: https://www.smartfren.com/id/shop/package/prepaid

 
Dan bergabung di Smartfren Community sebagai media penghubung antar pengguna produk Smartfren di akun berikut ini :

IG Nasional : @smartfrencommunity 
IG Regional : @sfcomjakarta

Twitter : @sf_community_
FB : Smartfren Community

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Share The Moment Share The Happiness”

Apa yang Anti Putus Nyambung Terus?

Kokreasi Smartfren bersama UN1TY dan Dari Jendela SMP