Teman Kreasi Tangerang Selatan menjadi #TemanBukaPeluangmu bersama Smartfren

Gerakan sosial didalam wadah Teman Kreasi Indonesia, mulai menuai hasilnya. Smartfren yg mendukung penuh gerakan ini melalui salah satu program CSR-nya (Corporate Social Responsibility). Teman Kreasi Indonesia sendiri digagas melalui sebuah wadah komunitas bernama Smartfren Community. Dan dari komunitas inilah terkumpul ide-ide untuk mengembangkan UMKM di regionalnya agar bisa berdampak sosial bagi masyarakat sekitar dan juga di luar daerahnya. 

Bp. Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren

Sejarah Teman Kreasi Indonesia

Gagasan ini, dimulai dengan sebuah wadah industri kreatif di Tangerang yg bernama komunitas Topi Bambu, pada tahun 2019. Satu tahun berikutnya di daerah Bandung Barat, Smartfren Community mendirikan Rumah Kreatif yg pertama, dan sekaligus menjadi cikal bakal Teman Kreasi Indonesia. Dan pada bulan Maret 2021, secara resmi diluncurkan nama Teman Kreasi Indonesia, dengan tujuan membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif. 

Filosofi dan Misi Teman Kreasi


Filosofi logo dari Teman Kreasi adalah kolaborasi kreasi atau kokreasi atau sinergi. Artinya kita perlu berkolaborasi kreasi untuk menciptakan produk unggulan yang keratif dan menjual di masyarakat, terutama di masa Pandemi Covid-19

Dan misinya adalah mengembangkan semangat kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif di berbagai daerah dimana Smartfren Community berada.

Sekilas kegiatan Teman Kreasi

Teman Kreasi Indonesia adalah wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital. Saat ini, sudah ada 32 Teman Kreasi yang tersebar di 30 kota di Indonesia.

Masing-masing Teman Kreasi Indonesia dikelola oleh ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya.


Dalam tulisan ini saya mengunjungi salah satu Teman Kreasi yang berada di daerah Tangerang Selatan yg pastinya secara virtual. Melalui profilenya di kanal Youtube ini, Teman Kreasi Tangerang Selatan menawarkan minuman yang digemari bernama "Kopi Nineteen".

Minuman tersebut dikemas dalam botol, praktis dan mudah untuk dibawa beraktifitas. Ada berbagai varian "Kopi Nineteen" tersebutyaitu : Kopi Espresso Susu dan Kopi Espresso Aren. Dan ada juga yg non kopi yaitu: Milkshake Banana Oreo dan Matcha Susu.

Kopi Espresso Susu


Kopi Espresso Aren


Milkshake Banana Oreo


Matcha Susu

Dan selain produk diatas ada juga produk camilan berbahan baku tempe, yang bernama Kripik Tempe Mr. Kop. 

Mr. kop - Keripik Tempe
Bagaimana dengan lokasi kedainya? 

Tentu saja ada, silahkan mampir di :

Pasar Gintung Pusat Oleh-oleh Tangerang Selatan
Jalan Ir. H. Juanda No. 3a, Rempoa, CIputat Timur Tangerang Selatan.

Berikut penampakan suasana kedainya, sebagai etalase produk Teman Kreasi Tangerang Selatan. 



(Orang-orang yang ada didalam foto-foto diatas ini melepas maskernya hanya untuk keperluan dokumentasi)

Cukup santuy dan nyaman bukan? 

Jika rekan pembaca sulit untuk berkunjung karena masa PPKM, maka jangan khawatir, Teman Kreasi Tangerang Selatan ini memiliki tautan untuk memesan produknya secara daring, melalui alamat situs ini : 
https://kataloq.id/KOPININETEEN/

Oh iya, harga produk Kopi Nineteen yang ditawarkan itu cukup terjangkau, yaitu mulai Rp. 15.000,-/botol. Begitu pula keripik tempe Mr. Kop, harganya sama saja, Rp. 15.000/pak

Selain itu jika membeli minimal 3 produk saja, maka rekan pembaca mendapatkan bonus bebas ongkos kirim (ongkir), selama berada di kawasan Jabodetabek

Lalu, untuk produk Kopi Nineteen memiliki masa kadaluarsa (Best Before) 5 - 7 hari selama berada di dalam lemari pendingin (bukan freezer) ya. Sejak produk tersebut dikemas dalam botol. Tentu saja, setiap produk Kopi Nineteen selalu dibuat sesuai pesanan. Karena menjaga kesegaran dan mutunya.

Dan dalam masa pandemi ini, Teman Kreasi Tangerang Selatan ini menyisihkan hasil dari penjualan produk minuman tersebut untuk memberikan bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak. Gerakan sosial ini juga dilakukan di beberapa Teman Kreasi lainnya. 

Sehingga dampak sosial tetap dirasakan bagi masyarakat sekitar selain dapat membuka peluang untuk bisa berwirausaha di masa pandemi ini. Jadi, jika ingin bersedekah tanpa diketahui, silahkan belanja produk Kopi Nineteen tersebut. Semoga amal kita dibalas oleh Tuhan YME.

Dampak bagi Smartfren sebagai perusahaan

Dampak positif bagi Smartfren melalui dukungannya tersebut adalah meningkatnya reputasi dan nama baik perusahaan, apresiasi dari kepala daerah dan kepala dinas karena membantu memulihkan ekonomi daerah di masa pandemi, selain itu, adanya wadah untuk aktualisasi diri melalui Teman Kreasi, para leaders komunitas menjadi brand ambassador sekaligus influencer produk Smartfren di lingkungan mereka. Dan belum ada perusahaan telekomunikasi lainnya, yang menjalankan program CSR dibidang UMKM berbasis komunitas secara organik.

Selain dari hal-hal diatas, Smartfren pun menerima penghargaan yang bergengsi yaitu pada tahun 2020 lalu, meraih penghargaan utama kategori Sustainability atas pengembangan Smartfren Community. Kemudian pada tahun 2021 kali ini, Smartfren menerima penghargaan kategori khusus yaitu Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Kedua penghargaan tersebut merupakan hasil pelaksanaan program corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Smartfren.

Tentang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 

Merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk memberikan apresiasi pada inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak atau perusahaan. Sejumlah aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini adalah inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan.

Bp. Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, mengatakan, “Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan Penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.”

Dari Smartfren bagi masyarakat 

Upaya untuk membantu dan memajukan masyarakat di wujudkan Smartfren dengan memanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan dan kebaikan nyata bagi masyarakat. Semangat perusahaan untuk terus melakukan inovasi adalah berkat dukungan dari pemerintah, pelanggan, mitra dan masyarakat. Segala hal yang  dilakukan Smartfren akan selalu kembali kemasyarakat.Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari beberapa  pilar pentingya itu pendidikan, UMKM dan masyarakat digital.


Akhir tulisan, semoga Smartfren tetap mendukung kegiatan komunitas melalui program CSR sehingga di masa yang akan datang, tampil kembali sebuah inovasi yang lebih WOW lagi. 

Terima kasih atas kunjungan dan dukungan dari para pembaca setia blog saya ini.  Semoga selalu sehat dan menjadi luar biasa.


Eddy Mulyono

@ignatiuseddym


Untuk yang ingin mengetahui tentang Paket terbaru dari Smartfren silahkan berkunjung ke situs: https://www.smartfren.com/id/shop/package/prepaid

 
Dan bergabung di Smartfren Community sebagai media penghubung antar pengguna produk Smartfren di akun berikut ini :

IG Nasional : @smartfrencommunity 

IG Regional : @sfcomjakarta

Twitter : @sf_community_
FB : Smartfren Community

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Share The Moment Share The Happiness”

Apa yang Anti Putus Nyambung Terus?

Kokreasi Smartfren bersama UN1TY dan Dari Jendela SMP