Optimasi Jaringan Smartfren demi Pelanggan Setia pada bulan Ramadan hingga Hari Raya.





Bulan Ramadan, sudah hampir 8 hari berjalan, apalagi pandemi masih belum dinyatakan usai. Meskipun demikian, bagi rekan-rekan pengunjung blog saya yang setia ini, saya percaya bagi umat muslim akan tetap beribadah dengan sebaik-baiknya. Dan mungkin banyak yang masih bekerja di kantor dan di lapangan. Mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau. Dan pada masa peralihan musim ini dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit infeksi saluran pernapasan atas.  

Namun, semua itu bukanlah halangan, karena selain kewajiban bagi umat muslim, tetntu saja ibadah itu hanya ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa semata. Tetap patuhi protokol kesehatan, selalu menggunakan masker yang sudah memiliki ijin edar dari Kementrian Kesehatan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan selalu mencuci tangan dengan sabun, selain mengurangi mobilitas kita sendiri.  

Menyambut bulan Ramadan ini,  di komunitas para pengguna Smartfren, atau lebih tenarnya adalah Smarfren Community,  pun mengadakan acara secara langsung (Live) melalui akun Instagramnya dengan tema dan nuansa sesuai bulan Ramadan hingga hari Raya Idul Fitri nantinya. 

Dimana waktunya dimajukan menjadi pukul 16.00 WIB, setiap harinya,  yang biasanya dilakukan pada malam hari. Selain mengundang tokoh-tokoh yang sudah terpilih yang di dampingi oleh tuan rumah (Host) para Leader Smartfren Community dari Regional yang sudah ada.

Kemudian, dari pihak Smartfren sendiri pada tanggal 07 April 2021 yang lalu, meluncurkan program dengan judul Ramadan Jadi Extra Faedah. Dan pada acara peluncuran program tersebut hadir pula Anya Geraldine, Arief  Muhammad, juga turut hadir para pelaku usaha industri kreatif yang tergabung dalam program Smartfren WowLabs, yaitu Hana Alfikih (HanaMadness) dan Co-Founder Koolastuffa, Dedy Kurniawan dan hasil penjualan karya co-kreasi mereka berupa Kemeja Koko dan Scarf  sebagiannya di sumbangkan melalui Yayasan Benih Baik diwakili oleh CMO dan Co-Founder-nya Firdaus Juli, untuk kemajuan UMKM milik penyandang disabilitas. Dan tentu saja acara tersebut dihadiri oleh Bapak Roberto Saputra Chief Brand Officer Smartfren dan Bapak Djoko Tata Ibrahim Deputy CEO Smartfren.


Peluncuran Program Ramadan Extra Faedah Smartfren

Pada cara tersebut diluncurkan program-program dari Smartfren untuk mengisi bulan Ramadan yang penuh berkah ini Smartfren mengajak para penggunanya untuk membuat konten yag berfaedah yg dinamakn Ngonten Extra Faedah, dengan hadiahnya sangat WOW banget. Dsamping program yang sudha lebih dahulu hadir yaitu Rejeki Wow Treasure Hunt.

Nah, akibat melonjaknya trafik lalu lintas data selama masa pandemi ini, serta program-program Smartfren di bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri ini, maka Smartfren mulai melakukan optimasi seluruh jaringannya di wilayah Jabotabek.

 Menurut Bapak Agus Rohmat, VP Network Operation Smartfren,  “Secara Year on Year dari bulan Maret 2020 ke bulan April 2021 di Jabotabek, kenaikan trafik data bertumbuh sebesar 24,5%. Tahun ini kemungkinan besar bisa lebih tinggi karena masih berlanjutnya pandemi, dimana pergerakan warga  masih dibatasi dengan adanya PPKM, sementara pada tahun sebelumnya, pergerakan warga dibatasi dengan PSBB. Jadi dengan larangan mudik yang sudah dikeluarkan pemerintah beberapa waktu lalu, distribusi trafik tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya,”

Dia menambahkan, seiring dengan bertumbuhnya trafik data dan jumlah pengguna Smartfren di Jabotabek, Smatfren telah meningkatkan kapasitas dan jangkauan hingga 25% dari tahun sebelumnya. Peningkatan ini dilakukan sejak terjadinya pandemi dengan fokus antisipasi kenaikan trafik data di kawasan perumahan, dan optimasi jaringan yang dilakukan secara masif. Untuk mendukung antisipasi kenaikan ini, tim network Smartfren telah membentuk Satgas Jaringan 24 jam selama Ramadan dan Idul Fitri. Smartfren juga menyediakan 58 mobile combat dengan dukungan NOC yang beroperasi 7x24 jam dan dukungan call centre Smartfren yang siaga 7x24 jam. Antisipasi inilah yang kini sedang disiapkan Smartfren untuk memberikan layanan data yang optimal bagi pelanggannya selama bulan puasa nanti.


Selain itu, selama bulan ini pun, fitur Extra Unlimited Malam, menjadi sebuah fitur yang sangat diminati dan penting karena penerapannya dimulai secara otomatis pada jam 01.00 hingga 05.00 pagi, setiap harinya. Jadi ketika sahur pun, akses internet tetap lancar jaya apalagi Full Speed. Dan pada jam itupun di saluran Yotube Smartfren juga ada acara pengisi sahur dengan bintang tamu yg keren-keren dan menginspirasi. Salah satu contohnya adalah Anya Geraldine.

Dan bagi pelanggan seperti saya, selain menikmati peningkatan kualitas koneksi internet, tentu saja sangat menyenangkan, apalagi dapat memudahkan saya untuk turut serta dalam program Ngonten Extra Faedah tersebut. Hadiahnya WOW banget lho, Frens! 

Ditambah lagi banyaknya pencerahan yang kita terima ketika mengikuti acara Live di IG Smartfren Community setiap sorenya. Dan acara sahur bareng Smartfren di saluran Youtubenya. Pokoknya benar-benar bulan Ramadan Extra Faedah.

Dan aktifitas optimasi tersebut sudah mulai dirasakan oleh saya secara pribadi, dengan melihat perubahan speedtest di 2 lokasi tempat saya beraktifitas setiap harinya, yaitu di rumah dan di kantor. 

Dimana lokasi saya, baik dikantor dan dirumah berada di area Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Berikut hasil perbandingan sebelum optimasi :


Dan sesudah optimasi : 







Eddy Mulyono

@ignatiuseddym





Untuk yang ingin mengetahui tentang Paket terbaru dari Smartfren silahkan berkunjung ke situs: https://www.smartfren.com/id/shop/package/prepaid

 
Dan bergabung di Smartfren Community sebagai media penghubung antar pengguna produk Smartfren di akun berikut ini :

IG Nasional : @smartfrencommunity 
IG Regional : @sfcomjakarta

Twitter : @sf_community_
FB : Smartfren Community

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kokreasi Smartfren bersama UN1TY dan Dari Jendela SMP

Apa yang Anti Putus Nyambung Terus?

Kesempatan Meraih Rejeki WOW Untuk yang Ketiga