17 Agustusan di RT 010, RW.007, Kedoya Utara, Jakarta Barat.

 Awal bulan Agustus, pengurus RT di daerah tempat tinggal penulis, mulai memasang umbul-umbul merah-putih. Demikian juga dengan kantor kami di daerah yang sama. Berharap bahwa perayaan peringatan kemerdekaan RI yang ke-75 berjalan dengan lancar dan meriah.
 
Seiring berjalannya waktu, mendekati hari H, terutama anak-anak, mulai menanyakan apakah akan ada lomba 17-an? Karena pengurus RT yang tahun lalu berkeliling sambil membuka pendaftaran lomba dan sumbangan untuk perayaan tidak nampak kali ini.

Mendengar informasi dari Gubernur bahwa kegiatan perayaan 17 Agustus tidak dilakukan dengan mengumpulkan massa, sehingga otomatis lomba menjadi ditiadakan, sehingga tergambar di wajah anak-anak penulis rasa kecewa, tetapi itu hanya sementara, karena mereka kembali menyibukkan diri menonton Youtube, yang sudah menjadi sumber tontonan sejak mereka bersekolah dari rumah atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Untuk itu, penulis mencoba melakukan kilas balik saat lomba 17 Agustus tahun lalu yang begitu meriah, seperti terlihat pada gambar dibawah ini :


Lomba Ambil Koin

Sebagai sebuah kenangan, karena tahun ini, terjadi wabah pandemi yang disebut Covid-19. Yang bukan saja merubah tata kehidupan bermasyarakat, tetapi juga merubah cara masyarakat bersosialisasi dengan sesama. Tak terkecuali saat perayaan hari - hari besar, baik keagamaan maupun kenegaraan.

Seperti saat hari H, tanggal 17 Agustus 2020, perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75, terasa sepi di daerah penulis, yang tepatnya berada di RT.010, RW.007, Kedoya Utara, Jakarta Barat. 

Suasana dan keadaan tersebut dapat diwakili melalui beberapa potongan gambar dibawah ini :

lorong yg terlihat sepi

Jalan raya yg juga sepi



Tetapi dibalik semua itu, kemeriahan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia terlihat di media sosial dan grup - grup Whatsapp yg diwakili oleh berbagai gambar unik dan keren. Dan lagi yang terutama adalah pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, adanya perayaan upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Pusaka dan detik-detik Proklamasi di Istana Negara, disiarkan secara streaming di saluran Youtube resmi milik Sekretariat Negara Republik Indonesia.  

Dan para petugas upacara pun terlihat mengalami penurunan jumlah personel, karena penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Bahkan bagi mereka yang ingin hadir untuk mengikuti acara tersebut, wajib mendaftarkan diri dan yang berhasil, akan mendapatkan sertifikat sebagai undangan khusus, sayangnya penulis tidak berhasil mendapatkannya, meskipun sudah dipersiapkan tautan situsnya.

Dalam tayangan tersebut, ada juga tamu undangan dari beberapa daerah dan negara sahabat yang mengikuti dari kediamannya masing-masing. Sehingga benar-benar berbeda sekali perayaan tahun ini. Tanpa mengurangi kesakralan prosesi pengibaran Bendera Pusaka.

Tampak Bapak Presiden Jokowidodo bersama para undangan

Meskipun dari rumah dan dilakukan secara streaming melalui saluran Youtube, menggunakan koneksi internet Smartfren (tethering dari ponsel) berisi paket Kuota Non Stop, penulis tetap semangat dalam mengikutinya dengan berdiri tegap, sikap hormat ketika pengibaran Bendera Pusaka berlangsung. Hal ini seperti membuka kenangan lama penulis, saat menjadi pemimpin upacara dan anggota paskibra semasa duduk dibangku sekolah. 

Rasa syukur dan bangga terpancar dari hati penulis, dimana saat ini, di masa pandemi, penulis masih boleh merayakan peringatan kemerdekaan negara tercinta, Indonesia yang ke-75 ini.  Selain itu dengan koneksi internet yang lancar jaya, membuat suasana tetap terjaga ke-khidmatan-nya.

Tulisan ini, penulis akhiri dengan sebuah harapan bahwa negara Indonesia yang sudah 75 tahun merdeka, menjadi semakin maju, semakin adil dan makmur, dan cita-cita para pahlawan dapat segera terwujud.

Dan pandemi Covid-19 ini segera berakhir dengan ditemukannya vaksin yang sangat aman bagi masyarakat. Sehingga masyarakat boleh beraktifitas seperti sebelum terjadi pandemi. Pergerakan ekonomi kembali bangkit dan dapat memperbaiki kondisi negara Indonesia ini ke tahap yang lebih baik lagi. Lapangan pekerjaan semakin terbuka luas. Dan masyarakat mengalami peningkatan pendapatan kembali.

Semoga.... 





















@ignatiuseddym 




Untuk yang ingin mengetahui tentang Paket terbaru dari Smartfren silahkan berkunjung ke situs: https://www.smartfren.com/id/shop/package/prepaid

Dan bergabung di Smartfren Community sebagai media penghubung antar pengguna produk Smartfren di akun berikut ini :

IG Nasional : @smartfrencommunity 













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kokreasi Smartfren bersama UN1TY dan Dari Jendela SMP

Apa yang Anti Putus Nyambung Terus?

Kesempatan Meraih Rejeki WOW Untuk yang Ketiga