Berwisata di Jakarta pada masa PSBB Transisi

Semangat pagi, Frens!

Kali ini, penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai tempat wisata yang sudah dibuka kembali di kota Jakarta. Dimana, selama 4 bulan banyak tempat wisata di tutup demi keamanan dan pencegahan wabah Covid-19 selain itu juga karena adanya peraturan PSBB oleh Pemprov DKI Jakarta.

Nah bulan Juni lalu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk mengijinkan beberapa tempat wisata diperbolehkan dibuka kembali termasuk mal dan perpustakaan nasional namun secara bertahap dengan syarat wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Dan menurut artikel dari kompas ada 4 lokasi wisata yang sudah beroperasi dan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Tetapi penulis hanya akan membahas 3 lokasi saja.

Tetapi sebelum lanjut ke pokok bahasan, ada informasi menarik nih, khususnya para pengguna Smartfren yang telah berlangganan paket Unlimited.

Yaitu adanya program Booster Unlimited dengan harga terjangkau. 
Dimana ketika sudah mencapai FUP, kecepatan internet akan disesuaikan alias mengalami perlambatan. Sehingga ketika ingin kembali seperti semula diperlukan Booster, dan harga booster ini pun terjangkau mulai dari Rp. 2000,- untuk 1 hari. Tetapi lebih lengkapnya bisa diakses melalui aplikasi MySF. 

Bukan hanya itu saja, ada juga promonya mulai tgl 1 Juli hingga 31 Agustus 2020, pelanggan akan mendapatkan gratis  Booster Unlimited khusus yang membeli paket Unlimited Rp. 80.000,- (FUP 1 GB/hari) dan paket Unlimited Rp. 100.000,- (FUP 1,5 GB/hari).

Benefit gratis ini ada 2 pilihan yaitu :
a. Booster Unlimited Rp. 10.000,-
b. Smart Ngobrol Rp. 10.000,-

Jadi, sudah mantaplah untuk mengabadikan momen saat berwisata, toh ada paket Unlimited dari Smartfren.

Lanjut ke tempat wisata pertama, Kebon  Binatang (Taman Margasatwa) Ragunan .

petugas sedang memberi makan satwa gajah saat simulasi pembukaan Taman Margasatwa Ragunan, Kamis (KOMPAS.COM/WALDA MARISON)


Saat masa PSBB Transisi, kita sebagai calon pengunjung tidak bisa lagi langsung datang ke lokasi karena tidak akan dilayani. Tetapi terlebih dahulu mendaftar melalui situs https://ragunanzoo.jakarta.go.id/ selain itu, ketika sampai di loket pengunjung pun wajib menunjukkan KTP elektronik, karena hanya pengunjung yg memiliki KTP DKI Jakarta saja yang diperbolehkan masuk ke Taman Margasatwa selain itu juga wajib menunjukkan bukti pendaftaran yang dilakukan secara online tersebut.

Taman Margasatwa Ragunan beroperasi setiap hari Selasa - Minggu pada pukul 08.00 - 13.00. Dengan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 1000 orang setiap harinya.

Tentu saja dengan protokol kesehatan ketat yang telah dilakukan oleh petugas di pintu masuk Taman Margasatwa.

Kemudian lokasi kedua Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat cuci tangan tersedia di sejumlah titik di dalam area Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (Dokumentasi Taman Mini Indonesia Indah)


Berbeda dengan Taman Margasatwa Ragunan, TMII memberikan calon pengunjung 2 pilihan, yaitu membeli tiket melalui http://ticket.tamanmini.com/ atau datang langsung ke lokasi. Tiket masih bisa di beli pada pintu masuk TMII. 

Tetapi meskipun bisa membeli tiket secara offline, pihak TMII memastikan untuk menerapkan protokol kesehatan yang sesuai peraturan pemerintah. Yaitu menyediakan box sterilisasi untuk pembayaran menggunakan uang fisik. Tetapi pihak TMII mengajurkan menggunakan pembayaran non tunai.

Wahana yang sudah dibuka pun belum semua, seperti Theater I-Max Keong Mas dan Snowbay Water Park tetapi wahana lainnya yang secara bertahap dibuka, sudah bisa dikunjungi oleh pengunjung. 

Lokasi ketiga adalah Taman Impian Jaya Ancol

Terletak di area Teluk Jakarta, lokasi tujuan wisata ini menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat yaitu :
a. Calon Pengunjung harus memiliki KTP DKI Jakarta (dokumen mendukung untuk yg belum berusia 17 tahun)
b. Calon pengunjung berusia diatas 5 tahun dan dibawah 50 tahun, diluar usia tersebut tidak diperkenankan untuk masuk.
c. Melakukan reservasi melalui http://www.ancol.com/ dan sekaligus melakukan pembelian tiket masuknya.

Jadi tidak bisa langsung datang ke lokasi tanpa adanya bukti pembelian tiket / pendaftaran. Karena tidak akan diperkenankan masuk.

Di dalam Taman Impian Jaya Ancol ada beberapa lokasi yang juga sudah bisa di kunjungi seperti Pantai Ancol, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Allianz Eco Park, Ocean Dream Samudera, Sea World dan Penginapan Putri Duyung Resort.

Namun tentu saja tetap ada penerapan protokol kesehatan di setiap lokasi tersebut, terutama di pantai, dimana pengunjung Dilarang untuk berenang dan telah disediakan tempat berukuran 4x4 meter (cluster) agar tidak ada persinggungan fisik antar keluarga pengunjung pantai.  

Bagaimana Frens?

Apakah masih ragu untuk berwisata di dalam kota Jakarta?

Oh iya, ada satu hal lagi, untuk menghadapi wabah Covid-19, Smartfren Community bersama Kitabisa telah menggalang dana melalui tautan berikut ini https://kitabisa.com/campaign/smartfrencommunityhadapicorona 

Donasi yang terkumpul akan disalurkan oleh Smartfren Community kepada pihak yang tepat dan sesuai dengan urgensinya. Lebih jelasnya bisa langsung kunjungi tautan tersebut. 

Membantu sesama tidak perlu menunggu ada kelebihan dana, tetapi dengan sedikit dana yang kita punya, sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

Akhir tulisan, semoga semua tetap dalam keadaan sehat dan berbahagia, tetap semangat dan selalu jaga kesehatan. SEmoga tulisan ini bermanfaat dan silahkan dibagikan ke teman dan keluarga.



@ignatiuseddym



Sumber inspirasi dan foto ilustrasi berasal dari https://travel.kompas.com


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kokreasi Smartfren bersama UN1TY dan Dari Jendela SMP

Apa yang Anti Putus Nyambung Terus?

Kesempatan Meraih Rejeki WOW Untuk yang Ketiga