Ketika kopi darat alias kopdar tidak dimungkinkan lagi...

Hi, Frens,

Pandemi Covid-19 masih akan berlangsung setidaknya hingga ditemukan vaksin yang benar-benar manjur dan aman bagi kesehatan manusia. Namun sebagai mahluk sosial, kita tidak lepas dengan acara sosial yang bertemu muka dengan manusia lainnya.

Entah dalam bentuk acara reuni, bisnis, permainan olahraga ataupun sekedar minum kopi di sebuah Cafe.
Yang sering kita tuliskan dalam media sosial ajakan untuk bertemu yaitu kopi darat dsingkat kopdar.

Mengenang masa sebelum pandemi, kopdar merupakan sebuah acara yg boleh dinantikan, apalagi yg sedang pdkt, atau sebuah komunitas, dimana saat acara kopdar banyak doorprize yang dibagikan, kadang sebuah ponsel yang baru dirilis, kadang sebuah payung dengan desain terkini.

Penulis saat ini pun tergabung dalam sebuah komunitas pengguna sebuah produk selular, yaitu Smartfren Community. Seperti saya tuliskan diatas, ketika kopdar yang penulis harapkan adalah doorprize-nya. Tetapi masa-masa itu sudah berubah. Istilah kopdar masih belum pas untuk dituliskan kembali. Karena peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlaku.

Tetapi jangan khawatir, kopdar itu berubah bentuk menjadi kopi udara, dimana kita lakukan pertemuan melalui ponsel ataupun laptop atau PC masing-masing yang terkoneksi ke jaringan internet.
Nah, tetap saja kopi udara ini disediakan doorprize, pastinya. Dan, kali ini penulis sendiri yg membagikan doorprizenya.

Lalu, apa sih media yang digunakan untuk kopi udara?

Ada banyak pilihan, namun yang umum saat ini digunakan adalah aplikasi Zoom. Untuk versi gratis waktunya terbatas maksimal 40 menit. Kemudian ada Google Meet, kali ini digratiskan oleh Google untuk memberikan alternatif dari aplikasi Zoom. Google Meet ini tidak berbatas waktu (selama yg saya alami).

Dan ada lagi Jitsi, dimana layanan ini tidak diperlukan instalasi. Penulis belum menggunakan layanan ini, sehingga tidak bisa memberikan sharing pengalaman tentang layanan ini. Nah untuk itu, silahkan tulis di kolom komentar jika Frens telah menggunakan layanan Jitsi ini. Saya tunggu ya?

Disamping itu, ada aplikasi yg sudah umum kita gunakan yaitu WhatsApp. Bahkan fitur panggilan Video bisa dilakukan lebih dari 3 orang. Mungkin banyak yang masih menggunakan fitur ini, dimana kelemahannya adalah kualitas video yg kurang prima jika dibandingkan dengan aplikasi Zoom atau Google Meet. Selain itu fitur ini hanya sebatas panggilan video, tidak bisa berbagi layar untuk presentasi.

Akhir tulisan, semoga Frens masih tergerak untuk melakukan kopdar alias kopi udara. Nikmati kebersamaan melalui udara, dan pastinya tak terbatas jarak dan waktu. 

Selamat ber-kopdar-ria, Frens!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kokreasi Smartfren bersama UN1TY dan Dari Jendela SMP

Apa yang Anti Putus Nyambung Terus?

Kesempatan Meraih Rejeki WOW Untuk yang Ketiga