Galau dengan paket Unlimited VS paket Kuota ?

Frens,

Sejak bekerja dari rumah awal Maret 2020, kemudian ada peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dari Pemerintah, praktis, penulis mengandalkan koneksi internet melalui ponsel semata wayangnya. Selain itu, penulis pun adalah pelanggan setia paket unlimited sehingga mau tidak mau, koneksi internetnya menggunakan layanan tersebut, demi pekerjaan jarak jauh melalui jalur internet. 

Dan sejak itupun tantangan dalam berkoneksi sering tampil di permukaan, utamanya adalah lambatnya akses ke PC tujuan dan lambatnya respon dari PC tujuan, sehingga penulis harus lebih panjang sabarnya dan lebih panjang tahan napasnya, karena koneksi internetnya bisa tiba-tiba terputus di tengah jalan, yah ibarat sedang sayang-sayangnya ditinggal kawin lari dengan yg lain.

Gejala kepala kusut dan perut pening pun seringkali hinggap di dalam diri penulis, komplain ke tim CS pun sepertinya belum mendapat solusi yang sesuai. Tetapi untungnya penulis bergabung di komunitas pelanggan operator yg penulis gunakan.

Disana ada tim khusus yg menerima tantangan untuk sinyal dan jaringan yang dialami oleh anggota komunitasnya. Dan sejak itu, penulis cukup terbantu, dimana jaringan dan sinyal yang sering menjadi tantangan, sudah sedikit lebih baik namun hanya di saat-saat tertentu saja. Sebab ketika memasuki waktu Prime Time, tetap saja menjadi tantangan tersendiri bagi penulis!

Kemudian, penulis mencoba berselancar di aplikasi WA, japri ke teman-teman, melakukan sedikit investigasi, dengan misi utamanya adalah informasi terkait layanan internet yg mereka pakai dengan lancar jaya namun harganya yg terjangkau alias ramah di rekening virtual.
 
Saya lakukan di pertengahan minggu pada bulan Maret 2020, dan  sekitar 1 minggu kemudian saya sudah memiliki kesimpulan sementara, bahwa ternyata tidak semua layanan dari seluruh operator di Indonesia ini masuk ke dalam kriteria saya

Kegalauan berlanjut, dengan masih tetap memakai layanan unlimited, saya bekerja sebisa dan semampu jaringan internet langganan saya saat itu. Jika koneksi tidak stabil, terpaksa saya tunda. Lalu dimulai lagi ketika kondisi sudah mendukung baik emosi dan tekanan darah penulis.

Kenapa tidak menggunakan modem Mifi?
Pertanyaan yang bagus, sayangnya layanan unlimited ini tidak bisa digunakan pada modem Mifi.
Kartu yg di-bundling-nya sudah lama tidak penulis gunakan, entah masih aktif atau tidak, penulis malas memeriksanya lagi dan tidak akan penulis gunakan selamanya. Tidak sepadan dengan kuota yg didapatkan, pembagian kuota utama dan kuota malam menurut penulis tidak seimbang, selain itu tidak bisa ganti layanan karena umurnya belum genap 1 tahun.    

Sekitar pertengahan bulan Maret 2020, ada kabar sukacita dari grup WA salah satu komunitas yg saya ikuti, bahwa ada produk terbaru dari operator Smartfren yang katanya menjawab tantangan dengan antisipasi lonjakan Kerja dan Belajar di rumah. 

Jiwa skeptis penulis pun terbangkitkan, sehingga penulis aktif mencari informasi langsung ke sumbernya, karena waktu itu ada konferensi resmi via aplikasi Zoom perihal produk terbaru ini. Dan beruntungnya, penulis memperoleh produk perdana tersebut akibat jiwa ke-kepo-an penulis. Oh iya, nama produk itu 1ON+ (bacanya ion plus) seperti gambar dibawah ini penampakannya.

SP 10N+


Sepertinya, investigasi penulis dalam mencari layanan internet yg sanggup mengakomoasi kebutuhan penulis sudah mencapai puncaknya. Setelah hadiahnya tiba dirumah, tanpa loading yg lama lagi, penulis langsung memasangnya di modem Mifi yg menunggu dengan sabar di dalam keranjang ATK. Lama tidak digunakan sejak di unboxing perdananya. 

Setelah kartu 1ON+ itu terpasang dan diaktifkan, tidak lama ada notifikasi bahwa bonus kuota internet
 bertambah sebesar 512 MB atau 0,5 GB. Wah, ini beneran no tipu-tipu. Lanjutnya karena kuotanya tidak ada maka penulis membeli voucher data yg Rp. 10.000 saja. 

Kenapa tidak membeli langsung yang 50 ribu atau  100 ribu sekalian? Karena penulis masih dalam misi! 

Setelah kuota terisi, langsung dapat bonus kuota lagi sebesar 250 MB. Menarik, sekali jadi total kuota yg penulis miliki saat itu sebesar 2,2 GB. Dan rencana akan penulis gunakan pada waktu "Prime Time".

Sekitar jam 18.00 petang penulis bersiap, di depan komputer kantor yang dibawa pulang, dan menyalakan modem Mifi yang berdaya baterai penuh. Ketika di aktifkan modemnya, dan penulis melakukan koneksi jarak jauh ke PC di kantor lalu sambil melakukan browsing, terasa sekali perbedaannya. Responsifitasnya lebih baik, dan loading halaman web kira-kira 2x lebih cepat dibandingkan ketika melakukan koneksi dengan layanan unlimited.

Setelah berjalan kurang lebih 3 jam, tiba-tiba koneksi terputus. Kembali, gerutu mulai tampil di pikiran penulis yang di visualisasikan dengan suara yang keluar melalui mulut. 

Segera penulis periksa kualitas jaringan melalui HP semata wayang yg masih pakai unlimited, ternyata masih "*bagus" dan sinyal masih seperti biasanya "3 bar dari skala penuh 4 bar". Tes telpon menggunakan WA ke rekan-rekan dan keluarga, lancar. (* koneksi versi unlimited).

Ketika memeriksa melalui aplikasi MySF, akhirnya penulis menemukan sumber tantangannya, ternyata kuotanya habis!

Karena hari sudah malam, dan pekerjaan penulis sudah rampung, maka penulis urungkan untuk mengisi kuota kembali.

Dan akhirnya dengan pengalaman itu, penulis menyatakan misi berhasil! 

Kegalauan penulis antara memilih paket Unlimited VS paket Kuota, sudah teratasi, dengan adanya produk 1ON+ ini, penulis yakin untuk memilih paket Kuota sebagai andalan akses internet dalam bekerja di rumah, dan juga untuk anak-anak belajar di rumah. Dimana tugas-tugas dari sekolah saat ini 80% diakses melalui jaringan internet.

(Terngiang lagu dari band NaFF - Akhirnya ku menemukanmu...)




@ignatiuseddym




UPDATE :

Ternyata kartu 1ON+ memiliki banyak peminatnya, sehingga pihak Smartfren merilis 2 (dua) varian perdana terbaru yaitu 1ON+ dengan harga Rp. 40.000,- dan harga Rp. 60.000,-

Untuk perbedaannya bisa dilihat pada tabel di bawah ini :

 Deskripsi1ON+ Rp. 20k 1ON+ Rp. 40k 1ON+ Rp. 60k 
 Masa berlaku kartu 365 hari365 hari 365 hari 
 Kuota Utama
(selama 6 bulan)
3 GB
@ 500 MB/bln 
9 GB
@ 1.5 GB / bln 
 18 GB
@ 3 GB / bln

Fitur Lainnya adalah anti potong pulsa ketika kuota telah habis.

Kemudian selain bonus bulanan ada juga bonus mingguan yg berlaku untuk seluruh kartu perdana 1ON+, seperti tertera di dalam tabel dibawah ini :

 Pembelian paketRp. 7.5k  s/ <= Rp. 30k  Rp. 30k s/ <= Rp. 60k  >= Rp. 60k 
 Kuota 250 MB500 MB  1 GB
 Masa berlaku7 hari  7 hari7 hari 
 Siklus tiap Minggu tiap Minggutiap Minggu 
 Total (52 Minggu) 13 GB 26 GB 52 GB

** Bonus kuota mingguan tidak berlaku kelipatan dan tidak berlaku untuk pembelian voucher atau paket unlimited dan International Roaming.


Peluncuran varian 1ON+




Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Share The Moment Share The Happiness”

Apa yang Anti Putus Nyambung Terus?

Kokreasi Smartfren bersama UN1TY dan Dari Jendela SMP