Ulasan Power Bank 12000 mAh dari delcell

Ketika saya berniat mencari Power Bank, banyak sekali referensi yang saya baca dan tonton. Dan pastinya sangat rajin berkunjung ke pasar, mal dan toko daring.

Selain karena daya tahan baterai hape saya yang mulai melemah, juga karena akan ada rencana perjalanan jarak lumayan, yaitu Jakarta - Kuningan - Cirebon PP. Pasti jarang ketemu

Setiap hari saya memantau beberapa toko daring kesayangan, namun masih belum juga menemukan pilihan di hati. Hingga ada suatu program flash sale di Shopee yang menawarkan power bank dengan harga promosi yaitu Rp. 99.000,- dari delcell.

Dengan kapasitas daya baterai 12000 mAh. Bergaransi delcell selama 1 tahun.

Ketika saatnya tiba, dengan  penuh debaran jantung, akhirnya sesuai dengan pepatah waktu dulu "pucuk dicinta, power bank pun tiba."

Saya sempat buatkan video unboxingnya, namun masih diproses yang entah kapan selesainya. Dan tibalah saatnya untuk melakukan pengujian.

Penampakan dan Desainnya

Tampak Muka

Tampil dengan warna putih susu dengan aksen angka 12 di pojok kanan bawah. logo dan tulisan delcell serta tulisan 1 year warranty di bawah LCD.

Layar LCD tersebut memanjang disisi atas.  Hanya menampilkan informasi kapasitas daya yang tersisa dengan ukuran persentase, dari 100% hingga 25%.

Ketika sudah mencapai angka 25%, lalu layar berkedip tandanya sisa daya sudah akan habis, sebelum akhirnya habis.


Tampak belakang

Bentuknya persegi panjang dan cukup tebal. Ukurannya 160 mm x 65 mm x 20 mm. Dan  bobotnya terasa berat.

Memiliki 2 buah saluran USB untuk mengisi daya gawai kita serta 1 saluran micro USB yang berada di tengah untuk mengisi ulang daya Power Bank itu sendiri.

Pada bagian belakang terdapat tulisan GIGA 12000 MAH REAL CAPACITY dan penjelasan tentang teknologi yang diterapkan pada saluran yang ada. (cara menghitung real capacity - kapasitas sebenarnya)


Port Input dan Output


Daya keluaran, teknologi dan proteksi yang digunakan

Power Bank ini memiliki keluaran arus dikedua saluran sebesar 2.0 Ampere (2000 mA) dengan tegangan  DC sebesar 5 volt. Lalu untuk pengisian ulang diperlukan tegangan DC 5 volt dengan arus 2.0 Ampere (2000 mA).

Jadi untuk pengisian daya bisa dipakai di hampir semua gawai yang dimiliki. Dan untuk pengisian ulang dayanya minimal diperlukan charger yang memiliki spesifikasi keluaran yang sama, yaitu 5 volt, 2 Ampere.

Lama pengisian ulang daya Power Bank dengan charger yang sesuai hingga penuh 100 % adalah kurang lebih 6 jam.

Dan saat melakukan pengisian ulang gawai tergantung kapasitas baterai di masing-masing gawai tersebut. Jadi lamanya relatif ya.

Ada proteksi yang dipakai pada Power Bank ini yang disebut OVP (over voltage protection) yang menjaga beberapa komponen dari lonjakan arus listrik dan tegangan berlebih saat melakukan pengisian ulang daya Power Bank.

Lalu ada teknologi yang disebut Power IQ, teknologi ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan kebutuhan arus yang diperlukan oleh gawai yang diisi ulang, apakah 1.0 Ampere atau 2.0 Ampere. Teknologi ini hanya ada di saluran 1. Tetapi pada label dibagian belakangnya, teknologi tersebut dimiliki di kedua saluran.

Karena saya tidak memiliki alat untuk membuktikannya, jadi saya anggap teknologi tersebut bekerja di saluran pertama saja.

Demikianlah ulasan singkat tentang Power Bank delcell GIGA 12000 mAh. Semoga bermanfaat bagi Temans.

Silahkan berkomentar di bawah ini jika ada pertanyaan ataupun tanggapan.

Terima kasih.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Share The Moment Share The Happiness”

Apa yang Anti Putus Nyambung Terus?

Kokreasi Smartfren bersama UN1TY dan Dari Jendela SMP