Kamera HP jadul memiliki bakat bokeh, masa sih?

Sering banget dengar kata "bokeh", apalagi sejak MiA1 dan G5S diluncurkan.....rame bener deh...tiap fanboys/fangirls saling adu argumen "untungnya gak sampe tawuran"

Sejarah kata "bokeh" itu berasal dari bahasa Jepang ボケ (boke) yang berarti blur (kabut / buram) atau ボケアジ (boke-aji) yg artinya kualitas ke-buram-an, di perkenalkan pertama kali oleh  Mike Johnston editor dari majalah Photo Techniques saat itu yang menerbitkan artikel dengan topik bokeh pada edisi bulan Maret/April tahun 1997. Dan kata bokeh menjadi standar kata di dalam fotografi sejak tahun 1998.

Nah, jadi bokeh itu sendiri memiliki arti bagian yang buram yang berada di luar obyek yang menjadi fokus lensa / utama. 
Untuk implementasinya sendiri lebih dulu diterapkan dengan kamera professional DLSR / Mirrorless dengan lensa bukaan aperture f/1.4 hingga aperture f/2, dalam lensa telephoto (85 mm - 150 mm, format 35 mm).

Lebih jelasnya kunjungi https://en.wikipedia.org/wiki/Bokeh

Nah setelah baca sejarah tentang istilah bokeh, jawaban untuk judul tulisan ini sebagai berikut:

Hari Jumat pagi 23 Februari 2018, iseng-iseng foto lumpia yang dibawa temen kantor, di belah 2 dan disiram sambal kacang. Berikut penampakannya dibawah ini :

Gambar diambil menggunakan Andromax E2 Plus (kamera belakang)

Sepertinya kamera HP jadul memiliki bakat efek bokeh. Hanya memang kualitasnya seperti itu. Beda dengan MiA1 atau G5S. Apalagi HP keluara terkini.

Dengan tulisan ini, saya mengajak teman-teman melihat HP lamanya, (karena mau ganti HP terkini selalu gak dapat-dapat)  untuk mengobati kekesalan dan melatih kesabaran biar lebih sabar lagi untuk maju ke Flash Sale berikutnya, 

Bikin obyek apa saja dan berkreasilah dengan efek bokehnya. Karena siapa tahu memang ada bakat efek bokeh pada kamera HP nya. Mesti lebih tertarik berkreatifitas lagi.

Syaratnya agar efek bokeh didapat adalah HP kameranya memiliki fitur autofocus. Kalau fixed focus sulit. Syukur-syukur ada fitur manual focus, lebih seru lagi.....(emang ada ya?...hmmm). Ditambah pencahayaan yang baik dan feeling yang pas.

Jikalau tidak ada bakat, ya memang sebaiknya ganti HP nya. Tunggu Flash Sale berikutnya. Bukan hanya Xiaomi, dari SPC juga ada lho!

Sekian sharing saya kali ini, semoga bermanfaat.

Selamat berkreatifitas bokeh ya....



Komentar

  1. Permasalahan yang dialami oleh hp jadul ini sekan tidak ada mungkin kendalanya hanya pada tidak adanya kecepatan koneksi internet yang cepat dan user interface yang biasa saja. dan Kelebihannya adalah ketahanan baterai yang bisa bertahan hingga berhari-hari.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Share The Moment Share The Happiness”

Apa yang Anti Putus Nyambung Terus?

Kokreasi Smartfren bersama UN1TY dan Dari Jendela SMP